Pesawaran, - Dalam rangka memperkuat pendidikan Bela Negara yang telah dicanangkan sejak tahun lalu Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Markas Komando Brigade Infanteri 4 Marinir/BS. Kunjungan ini diterima secara resmi oleh Komandan Brigif 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Nawawi SE., MM. beserta jajarannya di ruang transit VIP Markas Komando Brigif 4 Marinir/BS Piabung. Kolonel Marinir Nawawi dalam sambutannya memberikan selayang pandang mengenai sejarah dan visi-misi Brigif 4 Marinir dan antusiasnya dalam melanjutkan pendidikan bela negara ini. “Dalam rangka usaha kami TNI menjaga kedaulatan NKRI, kami akan selalu siap berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan bela negara bagi pemuda di Indonesia” ujarnya.

Pada kunjungan yang berlangsung pada hari Rabu (29/9), Brigif 4 Marinir/BS memperkenalkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) senjata senapan (rifle) laras panjang dan (handgun) laras pendek berserta senjata panah kepada 50 peserta yang terdiri dari dosen dan tim manajemen Universitas Teknokrat Indonesia. Pengenalan penggunaan alutsista ini dikawal langsung oleh Perwira Staf Operasional Letkol Marinir Isna Muhsin Abdillah dan Komandan Batalyon Infantri 7 Letkol Marinir Budi Wijani di Lapangan Tembak Elang Samudra Mako Yonif 7 Marinir. Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf SE., MBA. menyatakan pentingnya pendidikan bela negara dalam sambutannya. “Pendidikan bela negara sangat penting untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di kalangan pemuda dan ini merupakan model pendidikan bela negara pertama yang diselenggarakan atas kolaborasi perguruan tinggi dan marinir TNI di luar resimen mahasiswa”

Selain diperkenalkan dengan alutsista, dosen dan tim manajemen Universitas Teknokrat Indonesia juga turut serta menyaksikan Program Ketahanan Pangan Brigif 4 Marinir yaitu Pusat Budidaya Tambak Ikan Air Tawar dan juga Lahan Ketahanan Pangan Jagung yang dikepalai oleh Kabid Ketahanan Pangan Yon 9, Letkol Marinir James Munthe yang juga menjabat sebagai Komandan Batalyon Infantri 9. Selanjutnya, rombongan Universitas Teknokrat Indonesia mengunjungi Sentra Ekonomi dan Bisnis Koperasi Black Bear Mart Batalyon Infantri 9 yang menjual aneka ragam olahan keripik pisang, kopi dan souvenir yang merupakan hasil karya kolaborasi TNI dan masyarakat sekitar. Kemudian dilanjutkan dengan melihat Pusat Budidaya Ternak sapi dan kambing di lokasi sekitar. Kolonel Marinir Nawawi berpendapat di tengah pandemi saat ini amatlah penting untuk menjaga ketahanan pangan dalam rangka swasembada kebutuhan pokok dan terus berusaha menumbuhkan perekonomian usaha kecil dan menengah.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kunjungan rombongan Universitas Teknokrat Indonesia dilanjutkan dengan menaiki sea raider bersama Kolonel Marinir Nawawi melihat Sentra Ketahanan Pangan Budidaya Air Laut berupa pemeliharaan ikan keramba apung dan juga pembuatan rumpon rumpon yang berguna tidak hanya untuk membuat karang buatan tetapi juga menumbuhkan terumbu karang baru di dalam laut dalam rangka membentuk ekosistem biota laut baru.

Dalam kesempatan ini pula ada hal yang luar biasa di mana Dan Brigif beserta jajarannya mengadakan acara khusus untuk merayakan hari ulang tahun Rektor Universitas Teknokrat Indonesia pada hari itu. Pada kesempatan ini, Kolonel Marinir Nawawi memberikan ucapan selamat dan turut berbahagia kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia. “Saya mewakili seluruh jajaran Brigade Infantri 4 Marinir/BS mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia semoga diusianya saat ini terus memberikan keberkahan bagi masyarakat” ucapnya. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan ramah tamah dan ditutup dengan hiburan olah raga air di Pantai Marine Eco Park.

Pendidikan bela negara ini merupakan kelanjutan dari kunjungan 60 mahasiswa berprestasi Universitas Teknokrat Indonesia ke Markas Komando Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Piabung tahun lalu. Pada saat itu mahasiswa diperkenalkan dengan lingkungan Markas Komando Brigif. Mahasiswa menaiki sea raider dari Pantai Mutun tiba di Dermaga Marine Eco Park yang sudah disambut dengan kendaraan perang tank baja untuk diantar menuju Gedung Utama Markas Komando Brigif 4 Marinir/BS. Pada saat itu pula mahasiswa dikenalkan dengan alutsista yang ada di Brigif. Didampingi dengan para instruktur marinir yang kompeten, mahasiswa mencoba menggunakan berbagai senjata laras pendek dan panjang dan berlatih cara menggunakan panah. Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyampaikan dalam wawancara pentingnya program kerjasama dengan Brigif 4 Marinir/BS ini. “Universitas Teknokrat Indonesia memiliki visi untuk menciptakan lulusan yang tidak hanya cerdas tetapi juga tangguh dan berkarakter sehingga dengan pendidikan bela negara ini mereka akan diproyeksikan menjadi pemimpin yang hebat di masa yang akan datang”.

Universitas Teknokrat Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik di Lampung yang telah meraih Akreditasi A dan Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun bentuk Kerjasama lain antara Universitas Teknokrat Indonesia dan Brigif 4 Marinir/BS adalah Bakti Sosial UTI - Brigif 4 Marinir dalam menghadapi pandemi COVID-19, Penyelenggaraan Pelatihan Bagi Parjurit Marinir seperti Pelatihan Teknologi informasi, Pelatihan Pengendalian Drone, Pelatihan Desain Komunikasi Visual, dan Pelatihan Bahasa Inggris. Selain itu akan diselenggarakan pula Kuliah Umum Bela Negara yang diberikan oleh Komandan Brigif 4 Marinir secara daring kepada mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.

 

Bandarlampung, Warta9.com – Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS terbaik di Provinsi Lampung, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Ar-Raudah Kota Bandarlampung, Jumat (14/8/2020). Menurut Ketua Tim PKM Damayanti, M.Kom, kegiatan ini mengangkat judul Penerapan Teknologi Tabungan untuk siswa di SD Ar-Raudah Bandarlampung.

Kegiatan PKM di SD Ar Raudah dapat dilaksanakan berkat adanya dana Hibah dari DRPM Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun pelaksanaan 2020.

Lebih lanjut Damayanti menjelaskan, dipilihnya SD Ar-Raudah dalam kegiatan PKM Universitas Teknokrat, karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah dasar swasta yang ada di wilayah Bandarlampung selama ini telah menjalankan kegiatan menabung untuk anak-anak didiknya.

Anak-anak sangat antusias menabung di sekolah. Ketika ada anak yang menabung, data tabungan anak tersebut ditulis di buku. Pada saat ingin mengetahui seluruh jumlah tabungan siswa masih dilakukan secara berulang-ulang sehingga rentan terjadi kesalahan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi permasalahan dalam penanganan pengelolaan tabungan siswa tersebut, lanjut Damayanti, diperlukan sebuah teknologi atau aplikasi untuk mendukung dalam mengelola tabungan siswa. Pembuatan aplikasi untuk mengelola tabungan siswa bagi sekolah penting dilakukan. Karena untuk membantu petugas agar mudah dalam mengelola tabungan siswa, seperti memudahkan dalam perhitungan jumlah tabungan siswa dan memudahkan petugas saat membuat laporan tabungan siswa. Selain itu, penerapan teknologi aplikasi tabungan siswa guna meningkatkan penerapan IPTEK dalam masyarakat.

Damayanti juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia terutama kepada Rektor Dr. HM. Nasrullah Yusuf, MBA atas dukungannya sehingga tim memperoleh dana hibah dan dapat melaksanakan kegiatan PKM ini.

Sementara itu, Kepala SD Ar Raudah Bandarlampung Dewi Sartika, S.Pd, menyambut baik kegiatan Universitas Teknokrat Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan bisa membantu sekolah mempermudah pengelolaan tabungan siswa.

Adapun tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia terdiri ; Damayanti, M.Kom (Ketua), Heni Sulistiani, M.Kom, Berlintina Permatasari, S.P., M.M, Eroni Febrimadona GSU (Anggota). Dibantu mahasisw yaitu ; Tri Widodo (Mahasiswa Teknik Komputer), Adi Candra (Mahassiswa Teknik Komputer) dan Asri Yuliani (Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi). (W9-jam)

 

 

 

 

Pesawaran, Warta9.com – Tim Panahan Universitas Teknokrat Indonesia dan Tim Panahan Brigif 4 Marinir/BS, menggelar latihan bersama di lapangan panahan Yonif 7 Marinir. Para atlet panahan Universitas Teknokrat salah satu PTS terbaik di Lampung ini tampak semangat.

Menurut Wakil Rektor III Kemahasiswaan Universitas Teknokrat Indonesia Muhammad Najib Ahadis, M.T, Selasa (30/6/2020), yang memimpin tim dari Teknokrat, bahwa latihan panahan bersama Tim Brigif 4 Marinir, untuk kesiapan event Panahan yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli mendatang.

Menyongsong New Normal, akan ada latihan bersama atlet club top’s Archery Lampung 5 Juli, di Lapangan Panahan PPLP PKOR Way Halim. Cabang yang akan ditandingkan, meliputi Barebow putra 20 M, Barebow Putri 20 M, Aduan (OR) Putra/Putri dan aduan beregu putra/putri.

Karena itu lanjut Muhammad Najib, Tim atlet Panahan Teknokrat telah menyusun jadwal latihan. Latihan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 30 Juni – 3 Juli 2020. Latihan dilakukan di dua lokasi yaitu, di Yonif 7 Marinir Piabung 2 hari, tanggal 30 Juni dan 1 Juli dan Kampus Universitas Teknokrat juga 2 hari, 2 dan 3 Juli. Latihan dimulai pukul 09.00 – 15.00 setiap harin.

Muhammad Najib melanjutkan, Tim panahan dari Brigif 4 Mar ada 8 atlet dan di pimpin oleh Paslog Brigif 4 Marinir BS Letkol Mar. Hadi Alhasny. Sedangkan Tim panahan Universitas Teknokrat ada 5 atlet 1 pembina dan dipimpin oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Muhammad Najib.

Najib menambahkan, dengan latihan bersama Tim Panahan Universitas Teknokrat dan Panahan Brigif 4 Marinir, masing-masing tim bisa melihat kelebihan dan kekurangan. Sehingga kedua tim bisa saling memperbaiki atlet masing-masing.

Sementara itu, Pasilog Brigif  4 Mar/BS Letkol Mar Hadi Alhasny mengatakan, dengan latihan bersama bisa memotivasi para atlet. Diharapkan juga bisa meningkatkan kemampuan memanah setiap atlet dan bisa bersama-sama belajar keahlian dalam teknik-teknik cara memanah yang baik dan benar. (W9-jam)

Selengkapnya klik "DISINI"

 #Universitas Terbaik di Lampung
#Kampus Terbaik di Lampung
#Universitas Yang Ada di Bandar Lampung
#Universitas Terbaik di Lampung 2020
#Urutan Universitas Terbaik di Lampung
#Kampus Terbaik di Bandar Lampung
#Kampus Terbaik Lampung
#Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung
#Kampus Top Lampung
#Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Lampung

 

Universitas Teknokrat Indonesia melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran. PKM ditandai dengan penyerahan bantuan alat cuci tangan otomatis, Senin (3/8/2020).

Ketua PKM Universitas Teknokrat Andi Nurkholis, S.Kom, M.Kom, mengatakan, kegiatan PKM di Kantor Kemenag Kabupaten Pesawaran mengambil tema “Penerapan Sistem Cuci Tangan Otomatis untuk Meminimalisir Penyebaran Covid-19.

Tim PKM Teknokrat terdiri tujuh orang diketuai oleh Andi Nurkholis, dengan anggota ; S. Samsugi, SKom, M.Eng, Damayanti, SKom, MKom, Debby Alita, SKom, M.Cs, Styawati, SKom, M.Cs, Fajar Dewantoro, ST, M.Ars, dan Tri Widodo mahasiswa S1 Teknik Komputer.

Bantuan Cuci Tangan Otomatis sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaksanaan pencegahan dan penanganan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19), oleh tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Teknokrat Indonesia, salah satu PTS Terbaik di Provinsi Lampung.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran menjadi mitra dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna menerapkan Iptek berupa sistem cuci tangan otomatis untuk meminimalisir penyebaran covid-19 di Kabupaten Pesawaran oleh Tim PKM Universitas Teknokrat.

Bantuan ini diterima oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, H. Khuzil Afwa Kahuripan, SH., M.H.I., mewakili kepala Kantor Kemenag Pesawaran H. Farid Wajedi, S.Ag., M.Kom.

 

Bantuan alat cuci tangan ini dipasang tepat di depan gedung pelayanan haji sebagai salah satu bentuk pelayanan prima kepada jemaah yang ingin melakukan pendaftaran haji.

Khuzil menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 pendaftaran haji pada seksi penyelenggara haji dan umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran tetap berjalan sesuai dengan SOP yang ada dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Calon jamaah haji yang datang untuk mendaftar haji harus mengikuti protokol kesehatan standar yakni pemeriksaan suhu di gerbang masuk kantor menggunakan thermo gun, memakai masker, serta diminta cuci tangan menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer dan duduk dengan menerapkan social distancing,” terang Khuzil.

Mewakili Kepala Kantor Kemenag Pesawaran, Khuzil mengucapkan terimakasih kepada tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada Kantor Kemenag Kabupaten Pesawaran, sebagai mitra program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan alat cuci tangan otomatis

 

Andi Nurkholis menerangkan, kegiatan PKM didasarkan oleh masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan yang merupakan faktor penting dalam pencegahan/meminimalisir penyebaran Covid-19 yang semakin bertambah setiap harinya.

Sistem yang dikembangkan merupakan pengaplikasian bidang ilmu komputer khususnya sistem tertanam yang menjadi keunggulan program studi S1 Teknik Komputer Universitas Teknokrat. Penerapan yang dilakukan hari ini, merupakan serangkaian dari kegiatan PKM yang telah diinisialisasi sejak pertengahan Juli 2020.

Dalam jangka waktu dua minggu tersebut, tim PKM melakukan aktivitas pengembangan sistem yang dimulai dengan pengumpulan komponen-komponen yang dibutuhkan, yang kemudian dilakukan perakitan menjadi kesatuan alat hingga pemrograman terhadap alat untuk melakukan otomasi sistem. Terakhir dilakukan penerapan alat di wilayah tujuan yakni Kemenag Kabupaten Pesawaran.

 

Masih kata Andi, Sistem otomasi yang dikembangkan dimaksudkan agar pengguna tidak perlu lagi menekan/membuka keran air yang kemungkinan terdapat virus/bakteri yang menempel, dimana air akan secara otomatis mengalir saat pengguna mendekatkan/mengadahkan tangan pada alat yang telah dirancang.

Harapan penggunaan alat ini tidak terjadinya sentuhan pengguna terhadap alat, pengguna akan terhindar dari virus/bakteri (yang tidak terlihat secara kasat mata) yang terdapat pada alat tersebut.

 

sumber : warta9.com

radarlampung.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung Brigjen Pol. I Wayan Sukawinaya bersilaturahmi ke Universitas Teknokrat untuk bersinergi melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.

Wayan Sukawinaya mengatakan Teknokrat sudah mengupayakan untuk pencegahan narkoba di lingkungan kampus. Sehingga BNN Lampung melanjutkan apa yang sudah dilakukan di Teknokrat dengan memetakan wilayah atau daerah yang terpapar narkoba. Karena itu, pihaknya juga meminta dukungan dan bantuan kepada Universitas Teknokrat guna mengatasi narkoba berupa kajian-kajian akademik.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr.HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA., mengatakan, Kampus sang juara sangat concern terhadap pencegahan narkoba melalui penerapan disiplin. Baik segi pakaian, penampilan dan perkuliahan. Selain para dosen yang mengawasi mahasiswanya, juga terdapat kader dari mahasiswa yang juga mengawasi teman-temannya. Itu merupakan salah satu langkah untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.

Ia juga mengatakan, silaturahmi BNN Lampung sebagai satu langkah lanjutan bahwa selama ini Universitas Teknokrat Indonesia terus konsisten melakukan pencegahan masuknya narkoba di kampus Teknokrat. “Dari silaturahmi ini juga kita mengharapkan ada satu sinergi. Saling tukar menukar informasi dan pikiran untuk sama-sama melindungi mahasiswa Teknokrat agar bisa terhindar dari narkoba,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, selaras dengan program Kepala BNN Lampung, Teknokrat juga turut menyemangati dengan mencanangkan kampus bersinar. Yaitu kampus bersih narkoba. “Mudah-mudahan dengan pencanangan ini menjadi semangat baru, gelora baru bagi kami civitas akademika Universitas Teknokrat,” pungkasnya.

Selengkapnya Klik "Link"