Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Lakukan PKM Penerapan Teknologi Tabungan di SD Ar-Raudah

Bandarlampung, Warta9.com – Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS terbaik di Provinsi Lampung, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Ar-Raudah Kota Bandarlampung, Jumat (14/8/2020). Menurut Ketua Tim PKM Damayanti, M.Kom, kegiatan ini mengangkat judul Penerapan Teknologi Tabungan untuk siswa di SD Ar-Raudah Bandarlampung.

Kegiatan PKM di SD Ar Raudah dapat dilaksanakan berkat adanya dana Hibah dari DRPM Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun pelaksanaan 2020.

Lebih lanjut Damayanti menjelaskan, dipilihnya SD Ar-Raudah dalam kegiatan PKM Universitas Teknokrat, karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah dasar swasta yang ada di wilayah Bandarlampung selama ini telah menjalankan kegiatan menabung untuk anak-anak didiknya.

Anak-anak sangat antusias menabung di sekolah. Ketika ada anak yang menabung, data tabungan anak tersebut ditulis di buku. Pada saat ingin mengetahui seluruh jumlah tabungan siswa masih dilakukan secara berulang-ulang sehingga rentan terjadi kesalahan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi permasalahan dalam penanganan pengelolaan tabungan siswa tersebut, lanjut Damayanti, diperlukan sebuah teknologi atau aplikasi untuk mendukung dalam mengelola tabungan siswa. Pembuatan aplikasi untuk mengelola tabungan siswa bagi sekolah penting dilakukan. Karena untuk membantu petugas agar mudah dalam mengelola tabungan siswa, seperti memudahkan dalam perhitungan jumlah tabungan siswa dan memudahkan petugas saat membuat laporan tabungan siswa. Selain itu, penerapan teknologi aplikasi tabungan siswa guna meningkatkan penerapan IPTEK dalam masyarakat.

Damayanti juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia terutama kepada Rektor Dr. HM. Nasrullah Yusuf, MBA atas dukungannya sehingga tim memperoleh dana hibah dan dapat melaksanakan kegiatan PKM ini.

Sementara itu, Kepala SD Ar Raudah Bandarlampung Dewi Sartika, S.Pd, menyambut baik kegiatan Universitas Teknokrat Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan bisa membantu sekolah mempermudah pengelolaan tabungan siswa.

Adapun tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia terdiri ; Damayanti, M.Kom (Ketua), Heni Sulistiani, M.Kom, Berlintina Permatasari, S.P., M.M, Eroni Febrimadona GSU (Anggota). Dibantu mahasisw yaitu ; Tri Widodo (Mahasiswa Teknik Komputer), Adi Candra (Mahassiswa Teknik Komputer) dan Asri Yuliani (Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi). (W9-jam)