KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER

Kurikulum Program Studi Teknik Komputer disusun sesuai dengan yang diamanatkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2013 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Sebagai sebuah program studi penyelenggara pendidikan tinggi jenjang sarjana (strata-1), maka standar kompetensi umum lulusan Program Studi Teknik Komputer mengacu pada KKNI Level 6.

Untuk mencapai standar kompetensi sesuai dengan profil dan profesi lulusan, disusun capaian pembelajaran (Learning Outcomes) berdasarkan standar kompetensi lulusan (Program Outcomes). Capaian pembelajaran lulusan S1 Teknik Komputer diturunkan dari profil lulusan dengan meninjau tiga unsur yaitu:

Unsur pertama: nilai-nilai yang dicanangkan UTI (University Value) mengacu pada prinsip penyelenggaraan pendidikan dari Yayasan Pendidikan Teknokrat yang tersirat pada slogan menyelenggarakan pendidikan yang “Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif”.

Unsur kedua: telaah keilmuan dan keahlian (Scientific Vision)  program studi didasarkan pada visi keilmuan ke depan yang bermuara pada azas manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Telaah keilmuan Program Studi Teknik Komputer dilakukan dengan mengacu pada aturan dan standar kompetensi yang telah ditetapkan KKNI, SNPT dan ABET serta mengacu pada kurikulum Teknik Komputer (Computer Engineering Curicula 2016) yang diterbitkan oleh asosiasi profesi internasional ACM dan IEEE serta mengacu juga pada kurikulum Teknik Komputer yang dikeluarkan oleh asosiasi profesi nasional APTIKOM. Visi keilmuan Teknik Komputer UTI merupakan irisan antara Visi keilmuan Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

Unsur ketiga: Peninjauan kebutuhan masyarakat pemangku kepentingan (Market Signals) ditujukan untuk mengetahui tingkat kebutuhan masyarakat, industri, dan pemangku kepentingan terhadap lulusan Program Studi S1 Teknik Komputer.

Lulusan akan suskes berkarir pada masing-masing profil jika memiliki kompetensi yang sesuai, sehingga kompetensi lulusan yang harus dimiliki lulusan S1 Teknik Komputer UTI adalah :

  1. Mampu mengaplikasikan keahlian bidang teknik Komputer (meliputi desain, konstruksi, implementasi dan perawatan sistem komputasi moderen dan kendali peralatan berbasis komputer) dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang teknik komputer dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
  2. Menguasai konsep teoritis bidang teknik komputer secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang teknik komputer secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
No. Profil Lulusan Deskripsi Profil sesuai KKNI Level 6

1.

Perekayasa Sistem Tertanam/Embedded System

Lulusan Teknik Komputer yang memiliki kemampuan dalam desain, membangun, implementasi, dan merawat sistem tertanam dengan menggunakan tools yang tepat.

2.

Perekayasa Sistem Komputer (Computer System Engineer)

Lulusan Teknik Komputer yang :

  1. Memiliki kemampuan dalam analisa kebutuhan, menentukan prosedur yang dilakukan dan analisa masalah untuk otomatisasi atau pengembangan sistem komputer;
  2. Memiliki kemampuan dalam desain, kontruksi, implementasi, dan maintenance serta me-review kapabilitas & keamanan sistem komputer;
  3. Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan teknik, ketrampilan dan alat-alat bantu yang diperlukan dalam analisa dan pengembangan sistem komputer.
3.

Computer Network Architect and Engineer

Lulusan Teknik Komputer yang memiliki kemampuan dalam desain, membangun, implementasi, dan merawat serta mampu menganalisa sistem keamanan sistem jaringan komputer dengan  mengggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan.

4.

IT Consultant/Support

Lulusan Teknik Komputer yang mampu memberilkan layanan dalam melakukan analisis kebutuhan, desain, pembuatan, implementasi, dan perawatan sistem komputer dan sistem tertanam dengan menggunakan prosedur tepat dengan mengacu pada keilmuan Teknik Komputer.

5.

Pengajar/Instruktur/Akademisi

Lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang keahlian Teknik Komputer untuk meningkatkan kapasitas dirinya sebagai calon tenaga akademik.

 

SERTIFIKAT AKREDITASI UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA -> Download

KALENDER AKADEMIK

  1. Semester Pendek (SP) Genap TA. 2019-2020 -> Download
  2. Semester Genap TA. 2019-2020 -> Download

FORM - FORM

  1. Formulir Peminjaman Ruangan dan Peralatan -> Download
  2. Formulir Daftar Hadir Sidang -> Download
  3. Formulir Pengajuan Judul Proposal Skripsi -> Download
  4. Formulir Perubahan Judul Proposal -> Download
  5. Formulir Permohonan Cuti Akademik -> Download
  6. Formulir Permohonan Alih Studi -> Download
  7. Formulir Pengajuan Studi Terpimpin -> Download
  8. Kartu Kendali Bimbingan PKL -> Download
  9. Kartu Kendali Bimbingan Proposal -> Download
  10. Kartu Kendali Bimbingan Skripsi -> Download